Seperti yang telah kita ketahui, berdasarkan Perdirjen Dikdasmen No. 06/D.D5/KK/2018 tahun 2018 tentang Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan, jumlah kompetensi keahlian SMK yang semula berjumlah 142 kompetensi keahlian bertambah menjadi 146 kompetensi keahlian. Ada pun tambahan 4 kompetensi keahlian tersebut adalah RetailManajemen LogistikHotel dan Restoran, serta Produksi Film. Atas dasar Perdirjen no. 06 tahun 2018 tersebut pula maka muncul Perdirjen Dikdasmen No. 07/D.D5/KK/2018 tahun 2018 tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan yang mengatur mata pelajaran untuk tiap-tiap kompetensi keahlian tersebut.

Pada SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping saat ini terdiri dari 4 (empat) Bidang Keahlian yaitu Teknologi dan Rekayasa, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Bisnis dan Manajemen dan Pariwisata. Empat bidang keahlian tersebut dipecah lagi menjadi 8 (delapan) Kompetensi Keahlian yang diselenggarakan pada SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping.

…apa saja kompetensi keahlian tersebut?

8 (delapan) Kompetensi Keahlian:

Rekayasa Perangkat Lunak, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring dan Pemasaran, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Tata Busana, Tata Boga dan Perhotelan

Labor Komputer Perkantoran
Komputer di labor Pekantoran
Labor Akuntansi
Komputer Praktik Akuntansi
Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan
Secara garis besar yang dipelajari di DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) adalah bagaimana cara menggambar bangunan, menghitung Rencana Anggaran Biaya Bangunan, menghitung kekuatan konstruksi bangunan, menggamabar Eksterior dan Interior bangunan, bagaimana metode untuk melaksanakan pekerjaan bangunan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bangunan.
Click Here
Akuntansi dan Keuangan Lembaga
Tujuan Pembelajaran Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga : Agar peserta kompeten dalam melakukan tugas teknisi akuntansi yunior yang profesional dan mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi perusahaan jasa atau dagang yang meliputi, memproses entry jurnal, memproses buku besar, menyusun laporan keuangan, mengoperasikan paket program pengolah angka/spreadsheet, mengoperasikan aplikasi computer akuntansi (MYOB 17), dan menyusun surat pemberitahuan pajak.
Click Here
Bisnis Daring dan Pemasaran
Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP) adalah sebuah kompetensi keahlian (jurusan) yang mempelajari dasar - dasar kemampuan dan keilmuan menjadi seorang marketing baik marketing secara konvensional maupun melalui media daring (online/internet). Di Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran siswa akan mempelajari strategi pasar, kewirausahaan dan membaca peluang di dunia bisnis.
Click Here
Previous
Next
Labor Komputer Pemasaran
Komputer di Labor Pemasaran
Labor Komputer RPL
Labor Komputer DPPIB

Kerjasama dengan DUDI

MOU dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri