ANBK Sd 2021 Pasaman Terlaksana Dengan Lancar dan Baik

Pelaksanaan ANBK Sekolah Dasar 

Pelaksanaan kegiatan ANBK SD, Senin dan Selasa 15 dan 16 November 2021 untuk jenjang SD/MI/Paket A gelombang 1 di TUK SMKN 1 Lubuk Sikaping berahir lancar dan tanpa kendala berarti. Asesmen Nasional yang dilaksanakan merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Mengapa Perlu AN…

AN perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu).

Tujuan Asesmen Nasional…

Asesmen Nasional bertujuan untuk:

1) menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid.

2) memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut.

Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

ANBK SD/MI dan sederajat dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping selama dua hari dan diikuti sebanyak 234 siswa dari 12 Sekolah Dasar yang ada di Kab. Pasaman. Pada hari pertama, jadwal asesmen ANBK meliputi latihan (60 menit), literasi membaca (75 menit) dan survei karakter. Lalu, jadwal asesmen hari ke-2 ANBK SD/MI dan sederajat meliputi latihan (25 menit), numerasi (75 menit) dan survei lingkungan belajar (20 menit). ANBK berjalan dengan baik dan lancar, semoga hasil yang diharapkan dapat tercapai. Terimakasih

Kabar Sekolah Lainnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Download App SMKN1LBS

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman.