Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) berbasis project work SMKN 1 Lubuk Sikaping

Pendidikan vokasi h adalah pendidikan yang penguasaan pada keahlian tertentu. SMK adalah sekolah yang berusaha mencetak peserta didiknya memiliki kompetensi sebagai modal untuk menjalani kehidupan di masa yang akan datang. Salah satunya adalah melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) di berbagai bidang di dunia industri atau dunia kerja. Dengan dilaksanakannya PKL dapat memperkokoh link and match antara pihak sekolah dengan dunia usaha/kerja serta dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menimba wawasan dan pengalaman kerjanya di dunia usaha/kerja.

Pada saat pandemic covid 19 melanda di seluruh dunia termasuk Indonesia maka kegiatan PKL SMKN 1 Lubuk Sikaping yang biasanya dilaksanakan langsung di dunia usaha/kerja, di alihkan pelaksanaanya di sekolah dengan cara mendatangkan guru tamu/narasumber dari berbagai IDUKA ke sekolah melalui kegiatan PKL berbasis Project Work. Dari 8 sekolah SMK yang ada di Pasaman, SMKN 1 Lubuk Sikaping adalah satu satunya sekolah yang melaksanakan kegiatan PKL berbasis project work . Hal ini dilaksanakan karena untuk tingkat  SMK tidak mungkin melepas siswanya dari sekolah tanpa sertifikat kompetensi keahlian. Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping Muslim, M.Pd dalam acara pembukaan pelaksanaan PKL berbasis project work di  SMKN 1 Lubuk Sikaping. Selain itu juga disampaikan bahwa untuk membekali peserta didiknya di dunia usaha/kerja maka dilaksanakan penyelarasan kurikulum antara pihak sekolah dengan IDUKA dalam bentuk MOU. Salah satu point pentingnya adalah membekali peserta didik melalui budaya kerja(disiplin, etos kerja, etika dan sopan santun). Jadi peserta didik bukan hanya memiliki hardskill akan tetapi jauh lebih penting melatih softkill.

Ada 8 program keahlian yang melaksanakan kegiatan project work ini, yakni Desain permodelan dan informasi bangunan, Teknik Komputer dan Informatika, Tata Busana, Perhotelan dan jasa pariwisata, Bisnis dan Pemasaran, Kuliner, Akuntansi dan keuangan lembaga serta Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Untuk kompetensi keahlian  desain permodelan dan informasi bangunan kegiatannya dilaksanakan mulai dari tanggal 6 sampai 12 Desember 2020 dengan mendatangkan guru tamu Armet, ST dari CV. Arterindo Pratama Padang. Siswa yang ikut dalam kegiatan ini sebanyak 27 dengan ketua program keahlian Ikhsan Wijaya, S.Pd dan guru pembimbing sebanyak 3 orang yakni Deti Isnayetti, S.Pd, Wirdayetti, S.Pd, Riza Himelda, ST. Adapun kompetensi yang diperoleh oleh peserta didik setelah mengikuti kegiatan ini adalah kompetensi di bidang juru gambar arsitektur.

Kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga melaksanakan kegiatan project work dari tanggal 18 sampai 22 Januari 2021 dengan Ketua Program keahlian Elfianis, S.Pd dan guru tamu dari Badan Keuangan Daerah Kabupaten Pasaman yakni Bapak M. Yasrin Syahputra, SE, MM (Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Madya) dan Ibu Yunilawati, SE.Akt (Analis Keuangan Pusat dan Daerah Ahli Muda) kegiatan ini diikuti oleh 61 siswa dan guru pembimbing sebanyak 5 orang yakni Drs. Argustion, Drs. Amrizal, Ermawati, S.Pd, Ek, M.Si, Meria Fitri, M.Pd, dan Dra. Meiyesti. Kompetensi yang diharapkan diperoleh oleh peserta didik dalam kegiatan ini adalah penyusunan laporan keuangan berbasis SAK ETAP.

Kompetensi keahlian Bisnis dan Pemasaran bekerjasama dengan Ramayana Plaza Andalas Padang dengan guru tamu Bapak Alex Sandi, SE (Store Manajer) dan Ramlan (Asisten Manajer), melaksanakan kegiatan project work dari tanggal 16 sampai dengan 22 Januari 2021 jumlah siswa 60 orang dengan ketua program keahlian Okta Novia, S.Pd, M.Si dan guru pembimbing sebanyak 5 orang yakni Silfia Triza, S.Pd, Rohayati, S.Pd, Yati Ervina, S.Pd, Netti Asmara, S.Pd, dan Ratnawilis, S.Pd, M.Si. Kompetensi yang diperoleh oleh siswa setelah kegiatan project work ini adalah mahir dibidang kasir.

Kompetensi keahlian Teknik Komputer dan informatika, Tata Busana serta Perhotelan dan Jasa Pariwisata melaksanakan acara pembukaan kegiatan project work di hari yang sama yakni pada tanggal 23 Januari 2021, dengan guru tamu Bapak Firmansyah David, Ph.D dari PT Adil Organik Indonesia, Bapak Dasrizal selaku HRM dari The Axana Hotel Padang, serta Bapak Baginda dari Metro Taylor Lubuk Sikaping. Untuk jurusan Teknik Komputer dan Informatika dengan jumlah siswa 70 orang ketua program keahlian Hafiz Harafi, S.Kom dengan guru pembimbing sebanyak 5 orang yakni Drs. Mazamri, Nelvi Yanti, S.Pd, Eka Setiawati, S.Kom, Alfi Rendra, S.Kom dan Deni Putri Ningsih, S.Kom.

Tata Busana dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang dan ketua program keahlian Marini, S.Pd memiliki guru pembimbing sebanyak 1 orang pembimbing yakni Elly Rusmaida, S.Pd, mendatangkan guru tamu Bapak Baginda dari Metro Taylor Lubuk Sikaping. Kegiatannya dimulai dari tanggal 18 sampai 23 Januari 2021.

Kompetensi keahlian Perhotelan  dan Jasa Pariwisata dengan ketua program keahlian Emi Vovo Sembiring, S.Pd, Gr jumlah siswa sebanyak 29 orang dan guru pembimbing sebanyak 2 orang bekerjasama dengan The Axana Hotel Padang dengan guru tamu Bapak Dasrizal selaku HRM melaksanakan kegiatan Project Work dari tanggal 19 sampai dengan 23 Januari 2021.

Kompetensi keahlian Kuliner dengan jumlah siswa sebanyak 17 orang melaksanakan kegiatan dari tanggal 16 sampai 21 Januari 2021 mendatangkan guru tamu Bapak Meydia Adrianto, A.Md dari Grand Rocky Bukittinggi. Guru pembimbing yang ikut berperan aktif dalam kegiatan ini sebanyak 1 orang dengan ketua program keahlian Eka Winarti,S.Pd.

Kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran adalah jurusan yang melaksanakan kegiatan Project Work pamungkas di seluruh kegiatan PKL berbasis project work di SMKN 1 Lubuk Sikaping . Mulai dilaksanakan dari tanggal 28-30 Januari dan 1-2 Februari 2021, dengan jumlah siswa sebanyak 107 orang ketua program keahlian Saniar, S,Pd dan guru pembimbing sebanyak 6 orang yakni Dra. Rina Salsabina, Dra.Yuliar, Drs. Jafri Efendi, Dra. Desniati, Dra Novri Yeni. Guru tamu yang didatangkan dari Kantor Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pasaman yakni Ibu Ratnawati, S,Pd I, M.Pd ( Sekretaris) dan Ibu Ade Yulia Fitri, S.IP.


By Humas

Kabar Sekolah Lainnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Download App SMKN1LBS

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp