Pelaporan Kegiatan Program Induksi Guru Pemula CPNS 2021

Program Guru Pemula (PIGP)

Pelaksanaan  Program Induksi Guru Pemula (PIGP) di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping telah memasuki tahap akhir. Untuk alasan itu, SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping mengadakan kegiatan pertemuan untuk membahas tindak lanjut program tersebut pada Jumat (7/1/2022). Kegiatan ini dihadiri oleh Koordinator Pengawas SMA/SMK/SLB Kabupaten Pasaman, Bapak Drs. Kisman, M.Pd. dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping, Bapak Muslim, M.Pd. Dalam kegiatan ini, wakil bidang kurikulim, Bapak Febri, S.Pd.,M.Pd.T. menjadi moderator dan memulai kegiatan pada pukul 13.30 WIB. Sebanyak sebelas orang guru pemula (CPNS) SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping menjadi peserta kegiatan ini, yaitu Abu Bakar Sidik, S.Pd.I., Julnedi, S.Pd.I., Jaka Saputra, S.Pd., Monliadi Guci, S.Pd., Salman Khudri. S.Pd., Aulia Rahmi, S.Pd., Mendayu Amarta Fitri, S.Pd., Neza Margeta Anggasari, S.Pd, Aulia Rahmi. S.Pd., Nur Asmira, S.Pd., dan Febrian Sabrani, S.Pd.

SEKILAS TENTANG PIGP

Program Induksi Guru Pemula (PIGP) merupakan kegiatan orientasi, pelatihan di tempat kerja, pengembangan dan praktek pemecahan berbagai permasalahan dalam proses pembelajaran dan bimbingan konseling bagi guru pemula di tempat tugasnya. Peserta PIGP mendapat sebutan guru pemula yaitu guru yang baru pertama kali ditugaskan melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan konseling pada satuan pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan PIGP bertujuan agar guru pemula dapat beradaptasi dengan iklim kerja dan budaya sekolah dan mampu melaksanakan pekerjaannya sebagai guru profesional di sekolah. Selain itu, manfaat pelaksanaan PIGP bagi guru pemula adalah sebagai salah satu syarat dalam pengangkatan jabatan fungsional.

Kegiatan PIGP dilaksanakan selama dua belas bulan dalam empat tahap kegiatan. Tahap I (bulan ke-1) masa persiapan/pengenalan, tahap II (bulan ke-2 sampai ke-10) masa pembimbingan dan penilaian oleh pembimbing, tahap III (bulan ke-11) masa penilaian oleh kepala sekolah dan koordinator pengawas, dan tahap IV (bulan ke-12) penyusunan draft laporan dan pelaporan oleh kepala sekolah.

TINDAK LANJUT TAHAP AKHIR PIGP DI SMKN 1 LUBUK SIKAPING

Dalam pertemuan untuk membahas tindak lanjut PIGP di SMK Negeri 1 Lubul Sikaping, Bapak Muslim M.Pd memulai kegiatan dengan memberikan  arahan bagi guru pemula. Dalam arahannya, Bapak Muslim, M.Pd. membahas beberapa hal terkait tindak lanjut PIGP yang telah dilaksanakan. Selain itu, beliau juga berpesan agar para guru pemula selalu berkomitmen untuk melaksanakan tugas dengan total demi kemajuan sekolah ke depannya. Selanjutnya, beliau juga menambahkan bahwa para guru pemula hendaknya selalu menjaga kerja sama dan komunikasi, serta responsif terhadap semua kegiatan yang bertujuan untuk kemajuan sekolah.

Setelah itu, kegiatan kemudian berlanjut dengan pemberian arahan dari Bapak Drs. Kisman, M.Pd. Dalam arahannya, beliau menyampaikan hal-hal terkait pembuatan laporan PIGP. Sebagaimana yang telah dilaksanakan, PIGP di SMK Negeri 1 Lubuk Sikaping telah berlangsung sejak Februari 2021 dengan detail: tahap I pqda Februari 2021, tahap II pada Maret-November 2021, tahap III pada Desember 2021, dan tahap IV pada Januari 2021. Sehubungan dengan hal itu, Bapak Drs. Kisman, M.Pd menyampaikan agar para guru pemula segera menyelesaikan draft laporan dan menulis laporan dengan memperhatikan ketentuan dan sistematika sesuai aturan yang ada. Seterusnya, dengan terlaksananya rangkaian kegiatan PIGP beliau berharap dapat membuat guru pemula menjadi guru yang makin profesional ke depannya.(Penulis: MD)

Kabar Sekolah Lainnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Download App SMKN1LBS

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman.