PELEPASAN SISWA/I PKL KELAS XI SMKN 1 LUBUK SIKAPING SEBAGAI WUJUD NYATA KERJASAMA SEKOLAH DENGAN BERBAGAI IDUKA (INDUSTRI DAN DUNIA KERJA)

Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Untuk meningkatkan kompetensi peserta didik sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, perlu pembelajaran di luar satuan pendidikan formal dan nonformal melalui praktik kerja lapangan. Penyelenggaraan praktik kerja lapangan (PKL) diatur dengan Permendikbud 50 tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta Didik.

Tujuan PKL dalam Permendikbud 50 tahun 2020 tentang Praktik Kerja Lapangan bagi Peserta Didik, adalah:

  1. menumbuhkembangkan karakter dan budaya kerja yang profesional pada Peserta Didik;
  2. meningkatkan kompetensi Peserta Didik sesuai kurikulum dan kebutuhan dunia kerja; dan
  3. menyiapkan kemandirian Peserta Didik untuk bekerja dan/atau berwirausaha.

Permendikbud 50 tahun 2020

Sesuai dengan permendikbud 50 tahun 2020 tersebut pada hari Sabtu tanggal 3 April 2021 , SMKN 1 Lubuk Sikaping melaksanakan kegiatan pelepasan siswa PKL (Praktek Kerja Lapangan) secara resmi di halaman depan kampus sekolah. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 1 Lubuk Sikaping bapak Muslim, M.Pd dan Koordinator Pengawas SLTA Kabupaten Pasaman (Ketua Komite) Drs. H.Kisman, M.Pd dan dihadiri oleh pengurus Komite SMKN 1 lubuk sikaping, majelis guru, karyawan/i pegawai tata usaha dan siswa-siswi SMKN 1 Lubuk Sikaping kelas XI sebanyak 463 orang yang terdiri dari 8 program keahlian dengan rincian wilayah PKL di Pekanbaru sebanyak 7 tempat dengan jumlah siswa 19 orang, wilayah Padang 12 tempat dengan jumlah siswa 24 orang, wilayah Damasraya 1 tempat dengan jumlah siswa 2 orang, pada wilayah Bukittinggi 53 tempat dengan jumlah siswa 162 orang, wilayah Pasaman Barat 3 tempat dengan jumlah siswa 3 orang, wilayah Pasaman 68 tempat dengan jumlah siswa 253 orang.

Arahanan, Motivasi dan Pelepasan oleh Kepala Sekolah

Dalam arahannya Kepala sekolah dan Korwas SLTAmenyampaikannya harapannya kepada siswa/I PKL agar dapat melaksanakan kegiatan PKL dengan baik selama 3 bulan ke depan yakni tanggal 5 April 2021-5 Juli 2021 ke berbagai tempat karena kalau tidak lulus PKL maka tidak boleh ikut ujian akhir sekolah. Selama kegiatan PKL siswa/i dapat menjaga nama baik orangtua dan sekolah, dapat menggali sebanyak mungkin ilmu yang diperoleh dilapangan sebagai bekal di masa yang akan datang. Selanjutnya kepala sekolah juga menghimbau kepada seluruh siwa kls XI yg akan ikut PKL agar dapat menjadi agen untuk  promosi sekolah dengan menampilkan kepribadian dan etika yg baik serta juga unjuk kemampuan kerja yg baik.

Selama di Dudika, diharapkan dapat mengikuti dgn sepenuh hati dengan disiplin kerja karena tanggung jawab, dan loyalitas yg tinggi.

Kegiatan pelepasan ini berlangsung meriah dan ditandai dengan pemasangan kokarde secara simbolis kepada perwakilan siswa/I per jurusan dan pelepasan balon ke udara sebagai simbol melepas siswa/i ke berbagai tempat/wilayah.

HUMASSMKN1LBS 030421(DPraktik

Kabar Sekolah Lainnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Download App SMKN1LBS

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp