KOMPETENSI KEAHLIAN

DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB)

Apa saja yang dipelajari pada Kompetensi Keahlian DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB)?

Secara garis besar yang dipelajari di DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) adalah bagaimana cara menggambar bangunan, menghitung Rencana Anggaran Biaya Bangunan, menghitung kekuatan konstruksi bangunan, menggamabar Eksterior dan Interior bangunan, bagaimana metode untuk melaksanakan pekerjaan bangunan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bangunan.

Lalu sebenarnya apa saja peluang kerja SMK Kompetensi Keahlian DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB)?

Berbagai pilihan profesi dapat dilakukan setelah lulus sekolah diantaranya : DRAFTER Bertanggung jawab membuat gambar bangunan, jika bekerja di konsultan perencana bertugas membuat gambar perencanaan, jika bekerja di kontraktor bertugas membuat gambar kerja atau shopdrawing dan asbuiltdrawing. QUANTITY SURVEYOR kerjanya menghitung volume bangunan,kebutuhan material dan membuat laporan progres pekerjaan. UITZET / SURVEYOR bertugas dalam hal pengukuran seperti membuat data ukuran existing tanah atau bangunan, dan mengukur untuk penerapan gambar kerja ke lokasi pekerjaan. PELAKSANA BANGUNAN bertugas mengawal jalanya pekerjaan konstruksi bangunan agar sesuai apa yang sudah direncanakan, dilaksanakan secepat mungkin dan dengan hasil berkualitas maksimal. pada proyek besar seperti pembangunan gedung bertingkat tinggi, ada pembagian tugas pelaksana dari mulai pelaksana besi, bekisting, cor beton, nishing, listrik, dan yang lainya menyesuaikan kebutuhan. PEMBORONG / KONTRAKTOR jika berani menjalani usaha secara mandiri, maka bisa bergerak dibidang pemborong atau kontraktor. KONSULTAN PERENCANA bisa juga membuka usaha di bidang perencanaan, seperti jasa desain rumah, pembuatan maket, gambar 3D dan sejenisnya. untuk lebih mendalami keilmuan dibidang ini maka bisa melanjutkan kuliah jurusan Arsitektur.

Lalu kemana saja peluang lulusan SMK Kompetensi Keahlian DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN (DPIB) melanjutkan kuliah?

Jurusan yang sesuai yaitu Arsitektur dan Teknik sipil, tapi kalau mau masuk ke jurusan lain juga tidak jadi masalah asal giat dalam berkuliah.

Kabar Sekolah Lainnya

Bagikan :

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp

Download App SMKN1LBS

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman.
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp